Total Tayangan Halaman

Jumat, 20 Januari 2012


Ada Apa Dengan Madura Dan Orang – Orangnya...?????

Emangnya kenapa dengan pulau madura..??? kenapa pula dengan orang-orangnya...?? ada yang anehkah dengan semua yang menyangkut madura...??? . masih ingat pertama kali di jember dengan tujuan kuliah. Mungkin hal biasa saat  mahasiswa baru berkenalan satu sama lain dan itu hal yang wajar bukan. Respon seperti apa yang kalian dapatkan setelah berkenalan...??? klo respon yang aq dapat saat kenalan dan menyebutkan asal q adalah respon wajah kaget sedikit ngenyek (bahasa jawa), emang ada yang salah dengan daerah kelahiran q...??? mungkin buat q gak ada yang aneh, tapi bagi mereka dianggap aneh karena kami dari pulau garam.
Setelah bebera bulan tinggal dijember aq bru dapat jawabannya. Katanya sih orang madura itu kasar-kasar, orang madura itu bahasanya aneh, dan yang lebih parah banyak yang beranggapan kalo orang madura itu gak cantik. Halo.....!!! kalian yang masih berfikir seperti yang aq sebutin diatas sebaiknya segera rubah pandangan kalian tentang  madura.

Yang  perlu diperhatikan, gak  semua orang madura kasar-kasar, lagian emang cuma madura yang kasar ??? masih ada orang batak  yang  juga kasar. Seharusnya yang bilang bahsa madura itu aneh/bilang bahasa planet pasti belum lulus SD. Kita hidup di Indonesia yang kaya akan budaya dan terdiri dari suku yang berbeda-beda bukankah sesutu yang wajar kalo terjadi perbedaan bahasa dan bukankah hal itu yang membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan budaya. Kemana aja sih kalian waktu SD...??? tidurkah kalian sampek gak bisa menghargai perbedaan itu....
dan bagi kalian yang masih berpendapat kalo cewek-cewek madura jelek-jelek mending ngaca deh sebelum deketin cewek-cewek madura. Gak semua kali cewek madura jelek-jelek, kalian semua gak sadar apa banyak yang jauh lebih aneh dan lebih jelek... apa sih yang ada di otak kalian tentang madura....???


Aq akan sedikit cerita, mungkin cerita ini bisa memberi pencerahan bagi kalian yang masih negatif terhadap madura.
aq punya cerita tentang  seseorang yang gak perlu aq sebutin namanya anggap saja X. Si X ini pengen kenal sama salah satu MABA disalah satu fakultas di Uneversitas ternama di jember karena menurut  si X MABA ini manis dan menarik. Dan entah apa yang ada dipikiran si X ini, tiba-tiba gak jadi kenalan gara-gara tau kalo MABAx berasal dari madura. Kurang ajar banget tuh si X. Dan apakah kalian ingat semboyan ini “ mulut mu harimau mu” itu tuh yang terjadi pada si X. Dia gak mau kenalan dengan MABA karena hanya orang madura, paling otakx lagi kram tuh. Yang anehnya lagi si X malah pacaran dengan cewek yang berasal dari pulau garam.... duh..duh...duh... mz makanya kalo punya mulut dijaga tuh biar gak senjata  makan tuan nantinya. Masih mending kalo pacarannya Cuma sekali dengan orang madura, loh ini kok malah dua kali berturut-turut pacaran sama orang madura... sungguh Allah maha adil.

trus masikah kalian berfikir kalo madura itu aneh....???
klo kalian masih berfikir begitu berarti kalian siap bernasib sama dengan mz  X yaitu senjata makan tuan.
Dan yang perlu digaris bawahi adalah jangan pernah menilai orang dari tempat asalnya dan jangan biarkan mulut anda menjadi senjata tertajam yang bisa menikam kalian sendiri....


13 komentar:

  1. ahaaa ! aku juga tau siapa maksudmu .. ehehehehehe ..

    MADURA itu setauku yaaa, kalo gak kenal memang orangnya kaya' kasar .. karena apa ?? karena memang logatnya saat dia berbicara itu keras .. jadi terdengar seperti membentak, padahal aslinya yo enggak ..

    tapi, setelah kenal dengan suku ini, aku salut karena mereka tipikal PEMBERANI dan sama sekali bukan PENGECUT apalagi PENGKHIANAT .. dan yg paling penting KESETIAKAWANAN mereka yang perlu diacungi 5 jempol !

    dan satu lagi, aku lho bangga punya sahabat orang madura .. dan mr.x juga pasti...............

    ehehehee, lanjutkan sendiri sesuai imajinasi anda :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pebgecut si madura,kalo sendiri mah kabur lupa sandal...

      Hapus
  2. hahahaha....
    madura dengan surabaya kayaknya gak jauh beda...
    banyak yang bilang kalo surabaya jawa kasar...
    dan banyakl yang bilang klo orang kota individual apalagi SBY kota metropltan no 2 stelah jakarta, tapi ternyata sahabatq ni mlah sangat baik dan gak individual....
    aq jga bangga punya teman yang malas mandi..
    hahahahaha...

    BalasHapus
  3. mungkin yang membuat orang beranggapan bahwa orang madura kasar ya itu tadi, mayoritas orang maudra khususnya cowok itu mudah terpancing emosi. senggol sedikit ngamuk, mungkin itu yg membuat image madura jadi kurang begitu baik. hal lain mungkin orang-orang sudah pada tergambar mengenai carok dan juga perang suku dengan sampit. ya itu yg mungkin membuat orang berangga[an negatif.
    tapi jjur saja, saudara saya orang bangkalan, tapi beliau baik. tidak seperti yg dibicarakan orang banyak. saya juga punya kenalan orang madura di kantin kampus. beliau juga baik. tapi juga saya kadang sebal dengan perantau dari madura yang ada di surabya. khusunya supir bemo, tukang, dll. mereka terlalu mudah tersulut emosi, sehingga bukan otak yg dipake tapi justru okolnya dulu yang dipake. tapi off all, tdk smua orang madura kasar. dengar2 sih wilayah sampang yg mayoritas penduduknya kasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya jumpa orang madura dijakarta pasti saya cincang2 itu suku,madura suku iblis...

      Hapus
  4. Mon Oreng Songennep Logatdhe Alos Brohh :D

    BalasHapus
  5. padha bharas.....Shitthong reng dhibi" kabbhi...

    BalasHapus
  6. kasar dan tidak bukan dari suatu suku....tapi adalah pribadi masing2...

    BalasHapus
  7. Dibanjarmasin juga madura dikenal kasar kasar dan jorok,tpi gak semua juga ko ada juga yg baik sopan dan bersih

    BalasHapus
  8. Orang madura anjing babi saya pernah tinggal di madura,orang2 disana seperti kurang pendidikan,,kemanapun orang madura pergi pasti ada saja kejahatan yg di buat,,,,dasar suku madura ajing babi babiiiiiiiii anjiiiiiiiing ....

    BalasHapus
  9. sdh bnyak yg benci orang madura , karena sikapnya yg seenaknya sendiri..
    klo diajak duel by one gk brani, braninya manggil temen
    kbanyakan garam , mknya mudah emosian
    fak lah buat org madura

    BalasHapus
  10. Madura dan suku yang lain itu satu dalam ideologi Pancasila . Jangan jadikan perbeda'an adalah ancaman .,jadikanlah perbedaan adalah warna yang indah .yg salah mari di nasehati dan yg benar mati kita ikuti .

    BalasHapus